• header
  • header

Selamat Datang di Website SMP Santo Yusuf Madiun | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP Santo Yusuf Madiun

NPSN : 20534156

Jl. Diponegoro No. 80 Madiun


smpksantoyusufmadiun@gmail.com

TLP : 0351454239


          

Banner

Jajak Pendapat

Apakah penilaian anda akan keberadaan website SMPK Soyus ini?
Sangat Baik
Baik
Kurang Baik
Perlu tambah fitur
  Lihat

Statistik


Total Hits : 125324
Pengunjung : 41966
Hari ini : 8
Hits hari ini : 11
Member Online : 2
IP : 3.227.2.246
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Kembangkan Perilaku Positif




Tidak kita pungkiri lagi bahwa prestasi anak semakin menurun. Perilaku menyimpang semakin meningkat. Perkembangan teknologi turut andil bagian atas perilaku anak-anak kita. Mengambil sikap yang tepat dan cepat kiranya bijak dilakukan demi masa depan anak-anak kita. Beberapa saran yang dapat kita lakukan:

1. Ganti fokus, carilah yang positif.

Kita perlu menjadi penemu yang baik. Kita perlu fokus pada hal positif dalam hidup. Mari kita mulai mencari apa yang benar dalam diri seseorang atau dalam sebuah situasi, bukan mencari apa yang salah. Kita sangat terbiasa untuk mencari kesalahan dan mencari apa yang salah, sehingga lupa untuk melihat hal positif.

Kebanyakan orang menemukan apa yang mereka cari. Jika mereka mencari persahabatan, kebahagiaan, dan positif, itulah yang akan mereka dapatkan. Jika mereka mencari perkelahian atau ketidakpedulian, maka itulah yang akan mereka dapatkan. Mencari hal positif tidak berarti mengabaikan kesalahan.

2. Jadikan “melakukan sekarang” sebagai kebiasaan.

Kita semua pasti pernah menunda-nunda sesuatu untuk dikerjakan. Saya tahu saya pernah, namun kemudian menyesalinya. Penundaan mengarah pada sikap negatif. Kebiasaan menunda pekerjaan lebih melelahkan Anda dibanding upaya yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Sebuah tugas yang terselesaikan dapat menambah semangat, sebuah tugas yang tidak selesai-selesai hanya akan menguras tenaga. Jika Anda ingin membangun dan mempertahankan sikap positif, biasakan hidup di masa kini dan lakukan sekarang.

Memang bukan hal mudah, karena menunda pekerjaan itu jauh lebih mudah dibanding melakukannya. Mengapa hingga saat ini saya gagal menurunkan berat badan, karena kebiasaan menunda itu belum bisa saya hilangkan. Kalah jauh dengan istri saya, Ia berhasil menurunkan beratnya hingga 6 kg dalam sebulan karena bisa melaksanakan prinsip lakukan sekarang.

3. Mengembangkan sikap syukur.

Coba hitung berkah yang Anda peroleh, bukan masalah Anda. Anda pasti pernah mendengar seseorang yang karena kecelakaan, menjadi buta atau lumpuh dan mendapat jutaan rupiah sebagai kompensasi. Berapa banyak dari kita yang ingin bertukar tempat dengan orang itu? Tidak banyak bahkan mungkin tidak ada. Kita begitu terfokus mengeluh tentang hal-hal yang kita tidak memiliki dan melupakan hal-hal yang kita miliki. Ada banyak yang patut disyukuri.

Dibanding mengeluh terus akan fasilitas yang tidak memadai, mendingan cari tempat kerja praktek yang bisa menutupi kekurangan yang tidak Anda peroleh di kampus. Dibanding mengeluh akan keterbatasan literatur di perpustakaan, mendingan googling saja karena banyak literatur online yang bisa diunduh di internet. Bersyukurlah masih banyak jalan keluar bagi Anda.

Bayangkan, masih banyak orang di negeri ini, jangankan mengeluh akan fasilitas pendidikan mereka, sekolah saja tidak bisa. Jangankan mau googling, koneksi internet saja belum ada. Oleh karena itu, biasakanlah bersyukur karena itu bisa menjadi energi positif bagi Anda dalam melakukan sesuatu.

4. Membangun percaya diri positif.

Percaya diri yang saya maksud adalah cara kita merasa tentang diri kita sendiri. Ketika kita merasa baik di dalam, kinerja kita akan naik, hubungan baik kita di rumah maupun di tempat kerja akan meningkat. Dunia terlihat lebih bagus. Apa alasannya? Karena ada korelasi langsung antara perasaan dan perilaku.

Jika Anda ingin membangun rasa percaya diri yang positif dengan cepat, salah satu cara tercepat adalah dengan melakukan
sesuatu bagi orang lain yang tidak dapat dinilai dengan uang atau barang.

5. Menjauh dari pengaruh negatif.

Saat ini banyak sekali pengaruh negatif di sekitar kita. Diperlukan kepercayaan diri untuk kemudian bisa berani mengatakan anti€ pada pengaruh negatif. Perkembangan media, pergaulan, alkohol, pornografi, dan obat-obatan terlarang adalah contoh nyata pengaruh negatif yang harus dijauhi.

6. Belajar menyukai hal-hal yang harus segera diselesaikan.

Banyak hal yang harus kita selesaikan baik suka maupun tidak. Contohnya, ujian sidang. Memang tidak menyenangkan, namun dengan belajar menyukainya maka tidak akan terasa begitu berat.

7. Mulai hari Anda dengan sesuatu yang positif.

Baca atau dengarkan sesuatu yang positif di pagi hari. Ini bisa membantu membuat setiap harinya sebagai hari yang positif. Berlatihlah untuk membangun pikiran dan perilaku positif setiap hari sampai itu menjadi kebiasaan.

Keinginan megubah orang lain itu bukan persoalan yang mudah. Oleh karena itu, mengalah dan mengubah diri sendiri adalah jalan yang paling mudah. Dari pada merusak hari saya, lebih baik saya nikmati saja semuanya. Biar enak saya ikut saja berdendang mendengar lagunya. Biar tidak kehabisan air ya bangun lebih pagi

Sumber: Shiv Khera dalam bukunya “You Can Winâ




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Trans Asia Tour -  [trans_asiatour@yahoo.com]  Tanggal : 28/09/2016
Paket wisata murah hanya di <a href=\\\"http://www.birowisatamurah.com/\\\">Trans Asia Tour</a>


   Kembali ke Atas